Status Kesehatan Mental Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi Angkatan Pertama Dalam Menyusun Skripsi Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Salsabila SerangTahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.60010/jikd.v4i2.64Keywords:
Depresi, Kecemasan, Stres, Mahasiswa, SkripsiAbstract
Pengerjaan skripsi merupakan tahap paling akhir dan menentukan dalam mencapai gelar sarjana. Dalam menyusun skripsi mahasiswa akan dituntut lebih mandiri dan disiplin dalam mengatur jadwal yang ketat untuk mencapai target-target perencanaan yang berkaitan dengan skripsinya. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui gambaran status kesehatan mental (depresi, kecemasan, dan stres) Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Angkatan Pertama dalam menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang Tahun 2021. Metode penelitian ialah deskriptif kuantitatif dengan desain survey. Instrumen yang digunakan kuesioner Depression, Anxiety And Stress Scale – 21 Items (DASS-21). Hasil Penelitian Dari 50 Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian diperoleh hasil Depresi ; 88,00% Normal, 10% Ringan, 2% Sedang. Kecemasan ; 80% Normal, 12% Ringan, 6% Sedang, 2% Berat. Stres ; 66% Normal ; 14% kategori ringan dan sedang, 6% Berat. Kesimpulan Tingkat depresi, kecemasan dan stres Mahasiswa Angkatan Pertama Program Studi S1 Farmasi dalam menyusun skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang secara umum berada pada kategori normal.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. In: Rineka Cipta.
Asmawan, A. J. J. P. I. S. (2017). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi.
Baskoro, D.S.B., Ervina, I., & Rahmawati, E. I. 2012. “Studi Deskriptif Kecemasan Mahasiswa dalam Menyusun Tugas Akhir”.
Behere, S. P., Yadav, R., & Behere, P. B. J. I. j. o. p. m. (2011). A Comparative Study Of Stress Among Students Of Medicine, Engineering, And Nursing.
Crawford, R. J & Henry, D. J. (2005). The Short-form Version Of The Depression Anxiety Stres Scales (DASS 21) : Construct Validity And Normative Data In A Large Non-Clinical Sample. British Journal Of Clinical Psychology 44, 227-238.
Hariwijaya & Triton. 2005. Pedoman Penulisan Ilmiah Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Kinanthi, Melok & Listiyandini, Ratih Arruum & Amaliah, Uswatunnisa & Ramadhanty, Rahma. (2020). Adaptasi Alat Ukur DASS-21 Versi Indonesia pada Populasi Mahasiswa
Lovibond, S.H. & Lovibond, P.F. (1995). Manual for the Depression Anxiety Stress Scales. (2nd. Ed.) Sydney: Psychology Foundation. DASS-21
Ningrum, D. W. J. J. P. E. U. (2013). Hubungan Antara Optimisme Dan Coping Stres Pada Mahasiswa Ueu Yang Sedang Menyusun Skripsi.
Vitasari, P., Wahab, M. N. A., Othman, A., Herawan, T., Sinnadurai, S. K. J. P.-S., & Sciences, B. (2010). The Relationship Between Study Anxiety And Academic Performance Among Engineering Students.
Safari, I. (2016). Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Akurasi Pukulan Forehand Topspin Tenis Meja. Universitas Pendidikan Indonesia,
World Health Organization Geneva, S. W. (2012). Depression: A Global Public Health Concern.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Kesehatan Delima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.