Minat Konsumen terhadap Penggunaan Hand Sanitizer di Komplek Margahayu Raya, Bandung

Authors

  • Asti Yunia Rindarwati STIKes Salsabila Serang
  • Fajrin Noviyanto STIKes Salsabila Serang

DOI:

https://doi.org/10.60010/jikd.v4i2.81

Keywords:

Hand Sanitizer, Kebersihan Tangan, Minat Konsumen

Abstract

The level of Indonesian people's awareness of personal hygiene are still poor. One effective way to maintain a healthy body is to keep your hands clean. Hand sanitizer is one of the antiseptic ingredients in the form of a gel that is often used by the public as a practical hand washing medium. Determine consumer interest in the use of hand sanitizers in the Margahayu Raya Resident was the purpose of this research. This research was conducted using a questionnaire method that is distributed online.   The sampling technique used a total sampling method with a total of 40 respondents. The method used to analyze consumer interest in The Use of Hand Sanitizers is descriptive analysis with the help of SPSS version 26 software. Based on the results of the study, it is stated that respondents have an interest in the use of hand sanitizers> 4 times a day, liquid / spray packaging, price < Rp. 25,000, information from social media, the hand sanitizer brand that is often used is Antis, and feels refreshing when used. Respondents are also very interested in using hand sanitizers to keep their hands clean and feel comfortable when it used.

 

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kebersihan diri masih sangat rendah. Salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Hand sanitizer merupakan salah satu bahan antiseptik berupa gel yang sering digunakan masyarakat sebagai media pencuci tangan yang praktis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat konsumen terhadap penggunaan hand sanitizer di Komplek Margahayu Raya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuesioner yang disebar secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis minat konsumen terhadap penggunaan hand sanitizer yaitu dengan analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa responden memiliki minat terhadap penggunaan hand sanitizer sebanyak 4 kali dalam sehari, kemasan berbentuk cair/spray, harga < Rp. 25.000, media informasi dari media sosial, merk hand sanitizer yang sering digunakan antis dan rasa menyegarkan saat digunakan. Responden juga sangat tertarik dalam penggunaan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan dan rasa yang nyaman saat digunakan.

References

Anggraeni, A. (2016). Asuhan Gizi Nutritional Care Process. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ansiah S.W. (2014). Formulasi Sediaan Gel Antiseptik Fraksi Polar Daun Kesum (polygonum minus Hund). Dalam N. P. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pontianak.

Kesehatan RI, K. (2014). Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia. Jakarta.

Dahlan dan Umrah. (2013). Buku Ajaran Ketrampilan Dasar Praktik Kebidanan. Malang: Inti Media.

Departemen, K. R. (2008). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Firdaus, A. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan (Kasus Pada Perumahan Surya Mandiri Teropong Pt. Efa Utama). Jom Fisip .

Juliantina, & Farida. (2008). Manfaat Sirih Merah (Piper crocatum) Sebagai Agen Anti Bakterial Terhadap Bakteri Gram Positif Dan Gram Negatif.

Kim, D., Son, H., Lee, S., Kang, S., Park, S., Choi, J., & et al. (2015). Negligible egg positive rate of Enterobius vermicularis and detection of head lice among orphanage children in Busan and Ulsan, Korea. Korean Journal of Parasitology. 4(53):, 497-9.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keeperawatan Pedoman Skripsi. Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Prihapsara, P., & Fatimah, D. (2016). Aplikasi Teori Perilaku Beralasan Pada Konsumen Produk Hand Sanitizer. Journal of Pharmaceutical Science And Clinical Research.

Rachmawati, A. (2018). Pengaruh Strategi Emotional Branding dan Religius Behavior Terhadap Statisfaction Serta Dampaknya Pada Loyalty Konsumen. Dalam In Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Radji, M., Suryadi, H., & Ariyanti, D. (2007). Uji Efektivitas Antimikroba Beberapa Merek Dagang Pembersih Tangan Antiseptik. Dalam M. I. Kefarmasian. Depok: Departemen Farmasi FMIPA-UI.

Saifudin, A. (2006). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Downloads

Published

2024-11-24