Hubungan Target Keterampilan ANC dengan Nilai Ujian ANC pada Mahasiswa Semester V Jurusan D III Kebidanan Stikes Salsabila Serang T.A 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.60010/jikd.v2i1.84Keywords:
Target keterampilan ANC, Nilai ujian ANCAbstract
Latar Belakang : Keterampilan dalam melakukan ANC merupakan salah satu ketrampilan yang harus dikuasai oleh seorang bidan hal ini sesuai dengan tujuan salah satunya adalah untuk mempersiapkan ibu hamil sebaik-baiknya fisik dan mental, serta menyelamatkan ibu dan bayi dalam kehamilan, persalinan dan masa nifas, sehingga keadaan ibu saat post partum sehat dan normal. Untuk mendapatkan mutu lulusan diploma kebidanan yang berkualitas diharapkan lulusan kebidanan mampu memiliki tiga kemampuan utama yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Adapun salah satu metode untuk menilai keterampilan ANC dengan menggunakan metode OSCE dan didokumentasikan menggunakan laporan manajemen varney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan target keterampilan ANC dengan nilai ujian ANC pada mahasiswa semester V jurusan D III Kebidanan STIKes Salsabila Serang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis studi korelasi dengan pendekatan retrospektif (Retrospectif Study). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan D III Kebidanan semester V yang telah ujian ANC danbmendapatkan target keterampilan berjumlah 108 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengolahan data bivariat menggunakan Spearman Rank. Pencapaian target keterampilan rata-rata 39 target, yang paling banyak terdapat 11-20 mahasiswi mendapatkan target varney sebanyak 60-80 dan sisanya mendapatkan 81-100 laporan varney. Nilai ujian ANC sebagian besar adalah 75- 80 yaitu 67S orang 67%. Kesimpulan tidak ada hubungan yang bermakna secara statistik antara target ketrampilan ANC dengan nilai ujian ANC ( p =0,058;p) 0,05) (p = (0,05). Saran bagi mahasiswa jurusan D III Kebidanan agar dapat meningkatkan target keterampilan ANC dengan cara lebih banyak memberikan asuhan kebidanan ANC secara langsung dilahan praktek.
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi aksara
Hamalik Oemar. 2010. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta : Bumi aksara
Hani, ummi, dkk.2010. Asuhan kebidanan pada kehamilan fisiologis. Jakarta
: salemba medika
Hidayat. Azis alimul. 2007. Metode penelitian kebidanan & tekhnik analisis data. Jakarta : Salemba medika
Hasil Penelitian dari Ismahmudi, Ramdhani (2007) “Hubungan Minat dan Motivasi Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Klinik Keperawatan dengan Pencapaian Target Keterampilan Klinik di Akademi Keperawatan Muhamadiyah Samarinda Kalimantan Timur (Skripsi) Yogyakarta. Fakultas Kedokteran UGM.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002. Jakarta : Balai Pustaka
Mufdililah, 2009. ANC Fokus. Antenatal Care Focused nuha medika. Yogyakarta : Nuha Medika
Muhibin. Syah. 2010. Psikologi pendidikan. Bandung : remaja Rosdakarya Ofset
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta. Rineka Cipta
Rosmalinda.2002. Hubungan Kecemasan Menghadapi Ujian Klinik Antenatal Care dengan Hasil yang dicapai pada Mahasiswa Akbid Depkes Magelang Angkatan 1999/2000. (Skripsi). Yogyakarta : Fakultas Kedokteran UGM.
Prawiroharjo, S. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo (YBPSP).
STIKes Salsabila Serang. Panduan Akademik T.A 2016/2017.
Sugiyono, 2007. Statistika untuk Penelitian,Bandung, Alfabet
Sukardi, 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Kesehatan Delima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.